HOME
Yuk kita lihat sejarah dari kijang dari tahun 1977 - sekarang
Kijang Buaya (1977-1981)
hMulai dari tahun 1977 Toyota meluncurkan kijang buaya di pekan raya jakarta.
Kenapa dijuluki "kijang buaya"? Kalau dilihat dari model buka tutup kap mesin depannya mirip seperti mulut buaya. Itulah kenapa disebut-sebut kijang buaya.
Tetapi kalau dilihat ini pada dasarnya mobil pickup yang berkapasitas 1.200liter jika lebih detail nya 1666cc dengan mesin tipe 3K dan transmisinya masi 4 percepatan.
Pada peluncuran mobil ini toyota berhasil menembus angka 1.168 unit dalam memproduksi nya. Lalu ketiga berganti tahun ditahun berikutnya 1978 meningkat menjadi 4.624 yang dimana itu berati sampai 3 kali lipat dari tahun pertamanya. Dari hal itu berati memang toyota ini peminatnya tidak sedikit walau mempunyai pesaing yang sama dikelas nya yaitu mitsubishi colt.
Kijang Doyok (1981-1985)
Kijang Toyota tahun 1981 ini disebut "Kijang Doyok" jika tipe aslinya di dalam STNK nya disebut Kijang KF20 mulai di rilis pada tahun 1981. Nama nya disebut kijang doyok karena diambil dari tokoh kartun Doyok di koran pos kota yang krempeng.
Mesin dari Toyota Kijang Doyok ini pasti sudah disudah di upgrade jadi menggunakan mesin 1.3 liter 4K dan mungkin toyota mengembangkan lagi pada tahun 1985 menjadi 1.5 liter 5K dan kali ini sudah memakai transmisi manual 4 percepatan
Pada bagian eksterior toyota juga menambahkan inovasi dan perubahan baru dari kijang buaya ke kijang doyok yang merubah grille dan bumper lalu juga bukaan pintu yang lebih nya. Pada bagian interiornya juga dilakukan lebih nyaman pada bukaan kaca dan toyota melakukan perubahan ini pada tahun 1984 karena pasti namanya sebuah perusahaan tidak mau selalu sama.
Kijang Super (1986-1996)
Seiring berjalannya waktu teknologi juga semakin berkembang. Tentunya toyota juga mengeluarkan inovasi-inovasi baru dalam sisi produksi. Maka dari itu toyota meluncurkan kijang generasi ketiga yaitu kijang super pada tahun 1986.
Toyota juga menggunakan teknologi full pressed body pada kijang super ini yang itu merupakan teknologi canggih di masanya. Kenapa? Jadi teknologi itu dapat mengurangi 2-5 dempul per mobil. Kijang Super ini juga hadir dengan dua varian yakni ada sasis pendek KF40 dan juga ada sasis panjang yaitu KF50
Pada tahun 1992, Kijang Grand Extra hadir dengan teknologi Toyota original body yang menjadikan minibus pertama dengan kualitas body bebas dempul setara dengan mobil sedan.
Lalu pada bagian eksterior Kijang Super ini juga semakin modern dan dinamis, namun juga ada perubahan seperti desain dashboard baru dan juga hadir nya ac double blower.
Tahun 1995 toyota juga melakukan improvement dari sebelumnya, dari sisi mesin 5K 1500cc menjadi 7K 1800cc. Dari segi eksterior juga dibedakan dengan hadirnya grille tegak.
Kijang generasi ke-3 ini juga berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 dimana ada peluncuran Kijang ke 200 ribu unit yang dimana itu juga bertepatan dengan produksi toyota ke 500.000 unit.
Kijang Kapsul (1997-2004)
Nah sekarang kita beralih ke generasi ke-4 dari Toyota Kijang yaitu adalah Toyota Kijang Kapsul yang diluncurkan toyota pada tahun 1997. Mengapa Toyota menamakan Kijang generasi ke-empat ini kijang kapsul mungkin dengan bentuk yang sudah tidak kotak lebih cenderung ke bulat lonjong yang mirip seperti kapsul.
Bentuknya dibuat lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus. Untuk pertama kalinya juga model Kijang Kapsul ini hadir dalam varian diesel dan bensin.
Mobil ini memiliki varian yang banyak sampai 18 model. Banyaknya model dari mobil ini itu memang dari banyaknya pilihan mesinnya juga yang diusung
Jika sebelumnya hadir mesin bensin berkapasitan 1800cc dengan tipe mesin 7K dan di generasi ini lahir juga mesin diesel berkapasitas 2.400cc tipe L.
Lalu pada tahun 2000 karena lagi maraknya mesin injeksi yang memiliki keuntungan dengan sistem pembakaran yang lebih teratur daripada mesin karburator, Toyota juga meluncurkan kijang dengan sistem pembakaran injeksi.
Ada dua tipe pilihan mesin bensin EFI (Electronic Fuel Injection), yakni 7K-E dengan mesin berkapasitas 1.800cc dengan tenaga 80hp dan 1RZ-E berkapasitas 2.000c dengan tenaga 100 daya kuda.
Comments
Post a Comment